RISET PEMASARAN
USAHA CEMILAN KUE “DAEBAK KOOKIE”
1. Jenis Barang/Jasa yang Dijual
Usaha yang saya
jual adalah kue di bidang kuliner.
2. Keunggulan Produk Dibanding Pesaing
·
Terjamin HALAL
·
Kue yang disediakan dalam keadaan fresh
·
Produk dibuat dan dijual pada hari yang sama
·
Tanpa bahan pengawet
·
Terjamin bersih
·
Pembungkus kue dihias dengan imut dan manis
·
Tersedia dalam berbagai bentuk dan 2 jenis ukuran, yaitu
ukuran small dan medium
·
Kue bisa dihias dengan han-geul, jadi pembeli bisa
meminta dituliskan namanya di kue dalam han-geul
·
Memiliki pelayanan dengan standar profesional
·
Produk yang dihasilkan berkualitas
3. Target Pembeli (Kelas
Pembeli)
Kue sendiri
merupakan makanan yang digemari semua kalangan usia. Target pembeli Daebak Kookie yaitu dari anak kecil, remaja sampai orang tua. Semua kalangan kelas ekonomi
juga bisa menikmati kue ini karena ada berbagai jenis harga.
4. Daerah Penjualan (Kota, Negara)
Saat ini lokasi penjualan masih di kota Jakarta, tepatnya Jakarta Barat
(Indonesia). Penjualan akan ditargetkan pada daerah rumah dan daerah kampus.
Data yang Berkaitan dengan Aspek
Pemasaran, Seperti :
1. Permintaan
-
Lokasi :
Daerah sekitar rumah pemilik dan daerah kampus.
-
Usia :
Sekitar usia 10 s/d >45
-
Potensi Pembeli :
Biasanya kue dijual dengan harga mahal, tapi Daebak Kookie menyediakan berbagai harga yang dapat dibeli semua kalangan.
2. Penawaran
-
Kapasitas Pesaing Utama :
pesaing masih sedikit, karena di bazar kampus masih terlihat jarang yang mejual
cemilan kue dengan bentuk yang lucu dan imut.
-
Rencana Penjualan :
saat pembukaan toko akan ada harga promo, setiap hari nasional akan ada harga
spesial, dan akan ada kupon yang nantinya bisa mendapat 1 bungkus Daebak Kookie. Kue
bisa dihias dengan tulisan han-geul, jadi pembeli bisa meminta dituliskan namanya di
kue dalam han-geul. Saya juga akan membuat stand foto berbentuk instagram
dimana pembeli bisa berfoto dengan latar produk Daebak Kookie.
3. Tingkat Pertumbuhan
Saat ini pertumbuhan pembeli masih normal. Dengan harga yang terbilang standar,
kue ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.
4. Persaingan
-
Peasing Utama (Keunggulan)
: Keunggulan dari produk saya adalah kue yang berkulitas dengan menawarkan
bungkusan kue yang menarik dan disediakannya stand foto.
-
Pemasaran :
Pemasaran
yang saya lakukan untuk kualitas produk kue yaitu bahan-bahan yang digunakan
dan alat yang digunakan dalam pembuatan dijamin berkualitas dan halal. Untuk jangkauan harga standar, karena
harga yang akan saya tawarkan tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Jadi
pas bagi mahasiswa dan kalangan masyarakat yang ingin membeli. Dari segi tempat atau lokasi usaha saya
terbilang strategis karena berada di bazar kampus dan daerah rumah pemilik yang
disana banyak anak kecil. Dalam melakukan promosi saya memberikan pelayanan yang
berkualitas dimana pembeli akan puas dengan produk Daebak Kookie.
-
Biaya Distribusi/Place
: Biaya menggunakan uang sendiri yang selanjutnya memakai uang hasil dari
penjualan Daebak Kookie.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar